<< CLOSE

Ingin kemana?

Jual Beli : Lapak Jualan
Download : Download Area
______________________

Jumat, 12 Desember 2008

Tips Menghindari Virus dan Menghapus Virus Tanpa AntiVirus

Telah kita ketahui bersama-sama bahwa virus selalu menular melalui media removeable seperti Flashdisk. Melalui Flashdisk ini virus bisa menular dikarenakan ada file Autorun.inf. File ini berisikan perintah untuk menjalankan virus secara otomatis ketika kita membuka Flashdisk kita. Memang kebanyakan orang telah mengetahui trik sederhana untuk menghindarinya, yakni tidak langsung megklik ganda icon flashdisk Anda, melainkan mengklik kanan lalu memilih menu Explore. Namun ada beberapa virus yang file Autorun.inf nya berisikan perintah yang akan tetap mengeksekusi si virus walaupun di Explore.

Berikut Adalah cara sederhana mengetahui apakah flashdisk Anda sudah terkena virus atau belum, bahkan cara ini termasuk juga cara mempercantik flashdisk Anda karena bisa mengganti icon Flashdisk.



1. Buat atau cari file berekstensi .ico, yang akan digunakan sebagai icon flashdisk Anda nantinya.

2. Rename File menjadi Iconsaya.ico

3. Buka Notepad

4. Pada Notepad ketikan

"[autorun]
Icon=Iconsaya.ico"
(tanpa tanda kutip)

5. Save dengan nama Autorun.inf

6 Setelah itu Safely remove Flashdisk, cabut lalu masukan lagi.

Sekarang ikon Flashdisk anda telah berubah, jika ada Flashdisk anda kemasukan virus maka ikonnya akan berubah default. Sebelum virus menyebar kekomputer jangan klik ganda flashdisk anda. Lakukan langkah berikut.

Buka Command Prompt (start -> programs -> Accecories -> Command Prompt) lalu ketikan perintah berikut “attrib –s –h –r f:\*.* /s /d” (tanpa tanda kutip dan misal flashdisk di drive f) setelah tekan enter kemudian ketikan lagi “del f:\Autorun.inf” setelah itu buka flashdisk lalu cari file-file yang mencurigakan (kebanyakan file exe) lalu hapus.
Selesai

2 komentar:

  1. Abis buat note pad ngapaen dunks???

    cara ngeceknya gmn?

    BalasHapus
  2. maaf sebelunya terjadi kesalahan...
    sekarang artikel telah diperbaiki, selamat mencoba..
    thanks to comment..

    BalasHapus

Komen Donk

Pilih Kategori :

Bola (6) Download (7) Info (28) Info IT (14) information (1) Iseng (5) Lirik Lagu (2) Materi Kuliah (9) medan (1) Olahraga (5) Sport (6) Tips (5) Tips Komputer (7) tour (1)

Entertaiment News