<< CLOSE

Ingin kemana?

Jual Beli : Lapak Jualan
Download : Download Area
______________________

Minggu, 14 Desember 2008

Perkembangan Indonesia diberbagai Bidang

1. Wilayah dan Kependudukan

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia kini di klaim sebagai negara kepulauan terbesar di Dunia. Secara umum Wilayah Republik Indonesia terbesar ke-14 dengan jumlah populasi lebih dari 222 juta jiwa, dibawah Amerika Serikat (297 Juta jiwa), India (1,08 Milyar jiwa) dan Cina (1,31 Milyar jiwa) yang didaulat sebagai negara dengan populasi paling tinggi.
Dalam hal Populasi Kota besar pun, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia menempati peringkat ke-9 sebagai kota dengan jumlah populasi terbanyak. Jakarta dengan jumlah populasi 13,2 juta jiwa (berdasarkan data tahun 2005) mampu mengalahkan Shanghai yang hanya berpenduduk 12,7 juta jiwa. Jakarta juga merupakan kota dengan populasi terbanyak di Asia Tenggara, diikuti oleh Manila (10,7 juta jiwa). Sementara itu, kota paling banyak penduduknya yakni kota Tokyo (35 juta jiwa).
Dengan Luas dan jumlah penduduk yang begitu besar harusnya Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lainnya. Namun, kebanyakan SDM kita tidak terlatih sehingga banyak SDA yang tersia-siakan.

2. Keuangan Indonesia

Perekonomian Indonesia pun tidak bisa dikatakan baik. Berdasarkan GDP atau Gross Domestik Produk, Indonesia berada pada posisi ke-23 dengan jumlah GDP 257 juta dolar namun jumlah GDP ini harus di bandingkan dengan jumlah populasi Indonesia. Jika di bandingkan dengan negara Singapura (peringkat ke-41) yang jumlah GDPnya hanya 106,8 juta, namun tetap saja Singapura tetap lebih makmur karena jumlah penduduknya yang lebih sedikit. Amerika Serikat yang merupakan negara Adidaya ini memiliki jumlah GDP terbesar yakni 11,7 Triliyun dolar.
Indonesia pun bisa dikatakan sering menerima bantuan Asing, namun berdasarkan data yang saya punya Indonesia tidak termasuk 68 besar penerima bantuan Asing. Bahkan Malaysia yang dianggap lebih kaya masuk dalam peringkat ke-60 sebagai negara penerima bantuan asing. Negara Asia Tenggara lainnya yang masuk 68 besar yakni Vietnam (peringkat 4), Kamboja (peringkat 45) dan Filipina (peringkat 48).
Berarti kita boleh sedikit bangga karena negara kita bukanlah ‘Peminita-peminta’

3. Pariwisata Indonesia

Mungkin Bali yang sudah terkenal, bisa dibanggakan oleh orang Indonesia, apalagi beberapa waktu lalu Bali sempat menjadi tempat tujuan utama pariwisata yang dirilis oleh www.yahoo.com namun pada kenyataannya pariwisata Indonesia masih tertinggal jauh.
Berdasarkan Index daya saing perjalanan dan wisata (TTCI) dari 124 Negara yang disurvey oleh forum ekonomi dunia (WEF) yang berbasis di Jenewa, Swiss, pada tahun 2007, Indonesia menempati urutan ke-60.
Penilaian tersebut menggunakan 13 faktor diantaranya, kebijakan peraturan dan regulasi, regulasi lingkungan, keselamatan dan keamanan, kesehatan dan hygine, privatisasi perjalanan dan wisata serta infrastruktur transportasi.
Mungkin karena Infrastruktur Transportasi lah yang menjadi masalah utama sehinnga menyebabkan Indonesia Indonesia kurang diminati.
Urutan pertama diduduki olek Swiss, kemudian diikuti Austria, Jerman, Islandia, Amerika Serikat sedang lima Negara lain yang masuk sepuluh besar adalah, Hongkong, Kanada, Singapura, Luxemburg dan Inggris, sementara urutan terbawah ditempati oleh Negara Chad (peringkat ke-124), untuk kawasan Asia Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara Pakistan ke.103, Kamboja Ke-96, Vietnam ke-87, Filipina ke-86, China ke-71, Kuwait ke-67, India ke-65, Serbia Montenegro ke-61. Posisi Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Bahrain ke. 47, Thailand ke. 43, Korea Selatan ke. 42, Qatar ke. 36, Malaysia ke. 31, China Taiwan ke.30, Jepang ke.25, Uni Emirat Arab ke. 18, Pariwisata harus ditingkatkan lagi karena pariwisata bisa memberikan efek positif terhadap perekonomian bangsa sebagai penghasil devisa.

1 komentar:

Komen Donk

Pilih Kategori :

Bola (6) Download (7) Info (28) Info IT (14) information (1) Iseng (5) Lirik Lagu (2) Materi Kuliah (9) medan (1) Olahraga (5) Sport (6) Tips (5) Tips Komputer (7) tour (1)

Entertaiment News