<< CLOSE

Ingin kemana?

Jual Beli : Lapak Jualan
Download : Download Area
______________________

Selasa, 13 Juli 2010

e-commerce portal

Portal adalah website yang berisi segala informasi serta fungsi-fungsi yang dibutuhkan oleh pengguna, potal juga memiliki link menuju situs lainnya (gateway).
Maka dari itu e-commerce portal adalah situs web yang berisi informasi serta fungsi-fungsi yang dibutuhkan pengguna internet, dalam hal ini berkaitan tentang e-commerce.

Portal biasa dimiliki setiap instansi, dalam hal ini bisa perusahaan, univertsitas, atau pun sekolah dan lembaga0lembaga lainnya. Portal ini dinamakan enterprise portal. Enterprise portal membantu orang-orang yang berkaitan dengan instansi itu untuk mengakses informasi mengenai instansi tersebut.

Pertumbuhan portal

Portal yang memiliki fungsi umum (mega purpose) mengumpulkan sebanyak 60%-80% pseluruh pengguna internet, portal yang memuat informasi yang lebih spesifik lagi memiliki audience sebesar 20%-30% dan portal yang terspesialisasi (vertical market) hanya 2%-10%.

Tipe-tipe dari portal

1. General Purpose Portals , menarik pengguna yang sangan luas dan mempertahankannya dengan menyediakan vertical content seperti instant messaging, stock tickers,sport score dll.
2. Vertical Market Purpose, portal yang menyediakan fasilitas dan informasi-informasi yang lebih terspesialisasi.
Model Portal Bisnis
Portal yang berisi informasi, fungsi dan layanan yang berkaitan dengan bisnis. Misalnya pelayanan finansial. Suatu perusahaan yang beergerak dalam bidang finansial ingin mengiklankan perusahaannya pada suatu web portal, misalkan Yahoo Finance Pages. Perusahaan tersebut harus membayar untuk jasa per-iklanan tersebut.

Portal ini bisa dibagi berdasarkan Revenue Source nya ;

• ISP Services, revenue-nya berasal dara pembayaaran access web dan email service
• General Advertising, revenue-nya berasal dari iklan
• Tenacity Deals, Revenue-nya bersal dari perjanjian-perjanjian yang sudah dibuat terlebih dahulu
• Commissions on Sales, mendapatkan revenue dari komisi penjualan yang berhasil dijual
• Subsciption Fees, revenue yang berasal dari biaya berlangganan konten.

1 komentar:

Komen Donk

Pilih Kategori :

Bola (6) Download (7) Info (28) Info IT (14) information (1) Iseng (5) Lirik Lagu (2) Materi Kuliah (9) medan (1) Olahraga (5) Sport (6) Tips (5) Tips Komputer (7) tour (1)

Entertaiment News